Nilai Pendidikan Anti Korupsi ?

Assalamualaikum wr.wb

Korupsi sudah tidak asing lagi di indonesia. Maka dari itu korupsi harus segera diberantas dan melakukan pencegehan, sebagai upaya pencegahan korupsi, hendak nya ditanam kan kepada pelajar. Pendidikan korupsi setidak nya menginternalisakan nilai inti sebagai berikut

1. Jujur
      
     Setiap orang dituntut bisa berkata jujur dan transparan serta tidak berdusta, baik pada diri sendiri maupun orang lain. Kejujuran dapat membentengi diri terhadap godaa curang.

2. Peduli

     Kepedulian sosial kepada sesama menjadikan seseorang memiliki sifat kasih sayang

3. Mandiri
  
      Pribadi yang mandiri tidak akan menjalin hubungan dengan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab demi mencapai keuntungan sesaat.

4. Disiplin
     
      Disiplin adalah kepatuhan pada aturan. Seseorang yang mempunyai pribadi disiplin yang kuat  tidak akan terjerumus dalam kemalasan yang mendambakan kekayaan dengan cara mudah.

5. Tanggung Jawab
 
     Pribadi yang tanggung jawab akan sadar bahwa segala tindak tanduk dan kegiatan yang dilakukan akan dipertanggung jawabkan sepenuh nya kepada Tuhan Yang Maha Esa, masyarakat, bangsa, dan negaranya.

6. Kerja Keras

      Individu memiliki etos kerja yang tinggi akan selalu berupaya meningkatkan kualitas hasil kerjanya demi terwujudnya kemanfaatan publik yang sebesar-besarnya.

7. Sederhana

     Pribadi yang sederhana tercermin pada diri seseorang yang menyadari kebutuhannya dan berupaya memenuhi kebutuhanya dengan semestinya tanpa berlebihan.

8. Berani

      Seseorang yang memiliki karakter kuat akan memiliki keberanian menyatakan kebenaran dan menolak kebatilan.

9. Adil

    Individu dengan karakter yang baik akan menyadari bahwa sesuatu yang ia terima sesuai dengan jerih payah nya. 

Mudah-mudahan nilai nilai ini bisa diterapakan, terutama para pelajar

Sekian dari saya
Semoga bermanfaat

Waallaumsallam wr.wb

Previous
Next Post »
Powered by Blogger.